Rabu, 16 November 2016

Proposal Usaha

BAB I
PENDAHULUAN


 Latar Belakang
Mochi adalah makanan yang berasal dari jepang tetapi setelah jepang meninggalkan Indonesia makanan mochi di kembangkan kembali oleh masyarakat Sukabumi. Dengan latar belakang tersebut penulis memilih membuat usaha mochi mini selain digemari banyak kalangan terutama anak muda juga merupakan suatu cemilan yang murah dan lezat dengan cita rasa yang beragam.

Tujuan
Memperkenalkan kue mochi mini kepada masyarakat luas dengan berbagai variasi isi/rasa dan bentuk sehingga menarik minat para konsumen dari berbagai lapisan masyarakat dengan kualitas berkelas dan harga terjangkau

Visi
Menjadikan usaha mochi yang mampu menghadapi persaingan

 Misi
a.       Menawarkan produk yang terjamin kualitasnya
b.      Transaksi cepat dan mudah
c.       Memberikan kepuasan bagi pelanggan



BAB II
PEMBAHASAN


1.      Target
Target pemasarannya adalah Mahasiswa, khususnya Mahasiswa Gunadarma

2.      Aspek Produk
a.       Rencana Produk
Produk yang akan dijual pada usaha ini adalah mochi mini isi seperti isi coklat kacang

b.      Waktu Pelaksanaan
Pelayanan dapat dilakukan pada hari senin-jumat pada pukul 09.00-16.00

c.       Peralatan Usaha
Dalam usaha mochi mini ini peralatan yang digunakan adalah sebagai berikut :
Ø  Peralatan memasak
Ø  Bahan-bahan pembuatan mochi
Ø  Handphone

d.      Bahan Baku Mochi Mini
1.      Tepung ketan                  Rp. 8.000
2.      Tepung beras                   Rp. 6.500
3.      gula                                 Rp. 5.000
4.      vanili                               Rp. 3.000
5.      air
6.      sagu                                 Rp. 3.000
7.      pewarna makanan           Rp. 8.000
8.      kacang tanah                   Rp. 5.000
9.      coklat                              Rp. 15.000
                                                                 Rp. 53.500


3.      Aspek Permodalan
Dalam proses usaha yang saya buat ini, saya membutuhkan modal sebesar Rp. 53.500,- di luar modal peralatan.

4.      Perhitungan Laba
Laba dari tiap produk yang ditawarkan berbeda-beda, untuk bulan pertama kemungkinan ialah sebesar Rp. 10.000 – 15.000 tergantung dari berapa banyaknya mochi yang terjual

5.      Strategi Pemasaran
Strategi yang digunakan pada usaha ini adalah sistem face to face / cash on delivery yang berarti penjualan dan pe,belian dilakukan dengan cara tatap muka atau bayar di tempat.


BAB III
KESIMPULAN

Dalam mencoba usaha kecil seperti berjualan makanan seperti ini bukanlah suatu hal yang mudah, namun tetap harus dijalani dengan sungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah. Harapan saya untuk produk mochi mini ini adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan produk makanan ini tidak berkurang karena produk ini sangat bagus dan berkualitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar